Panggung Festival Musik Pukkelpop Runtuh, Lima Orang Tewas


Festival musik tahunan yang diadakan setiap pertengahan hingga akhir Agustus di Belgia, Pukkelpop, telah memakan korban setelah salah satu panggung yang didirikan, The Chateau, runtuh pada Kamis (18/8) lalu. Lima orang telah dinyatakan tewas dan puluhan orang mengalami luka-luka.

Menurut BBC News, panggung The Chateau diruntuhkan oleh badai besar yang melanda Hasselt sebagai lokasi dilaksanakannya Pukkelpop. Diyakini bahwa beberapa pohon tumbang ditiup angin kencang sehingga menghajar tiang-tiang yang menopang panggung.

Panggung lain yang dinamakan The Shelter juga rusak karena tertimpa pohon.

Cuplikan gambar yang ditampilkan oleh stasiun televisi Belgia menunjukkan tiang-tiang yang tumbang dan para pengunjung yang berebut mencari perlindungan dari hujan besar dan angin kencang.

Oleh karena itu, penyelenggara festival musik Pukkelpop pun langsung memutuskan untuk tidak melanjutkan acara pada hari itu.

Namun beberapa jam lalu, melalui sebuah pernyataan yang dirilis di situs resmi Pukkelpop, pihak penyelenggara secara resmi memutuskan untuk tidak melanjutkan Pukkelpop tahun ini.

“Pukkelpop sedang berkabung. Simpati kami bersama keluarga dan teman para korban. Kata-kata tidaklah cukup. Kami telah bergelut dengan keputusan untuk melanjutkan festival musik ini. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk membatalkan Pukkelpop 2011,” tulis pernyataan yang diberi judul Pukkelpop 2011 Can’t Go Forth tersebut.

Pernyataan tersebut berlanjut, “Apa yang telah terjadi sangatlah luar biasa dan tidak terduga. Kami sangat tersentuh oleh dukungan spontan yang diterima oleh para pengunjung dan penyelenggara.”

Pihak penyelenggara juga mengumumkan bahwa bus dan kereta tambahan telah disiapkan untuk mengantar para pengunjung pulang.

Pengisi acara pada Pukkelpop 2011 sendiri mencakup Foo Fighters, Battles, …And You Will Know Us by the Trail of Dead, Blonde Redhead, Warpaint, Kasabian, Suicidal Tendencies, Panic at the Disco, As I Lay Dying, dan masih banyak lagi.

Pada Pukkelpop tahun lalu, dua musisi dilaporkan meninggal dunia. Pertama adalah vokalis dan gitaris The Call, Michael Been, yang terkena serangan jantung ketika bertugas sebagai sound engineer Black Rebel Motorcycle Club. Kedua, vokalis Ou Est Le Swimming Pool, Charles Haddon, melakukan bunuh diri dengan melompat dari menara telekomunikasi yang terletak di area parkir belakang panggung tak lama setelah penampilan bandnya di festival tersebut.

sumber

Related

Music News 1022761092706689382

Post a Comment

Join Us

Twitter

Facebook

Popular Posts

item