Endah N Rhessa "Musik Indie Mampu Go International"


Industri musik Tanah Air telah mengalami perkembangan pesat. Terlebih pada geliat musik independen atau yang lebih dikenal dengan musik indie.

Musisi indie kini banyak bermunculan dan mereka yang memilih jalur ini adalah orang-orang yang ingin kebebasan berekspresinya dalam musik tidak dikekang oleh perusahaan rekaman besar yang lebih mengutamakan market. Dengan perkembangan musik indie yang begitu pesat, mereka dianggap bisa menopang industri musik Indonesia.

"Sudah mulai sih kayaknya, karena sekarang kan sarana dan prasarana sudah mudah. Sekarang semua orang bisa merekam sendiri, hanya dengan modal komputer, walaupun mikroponnya yang murah-murah. Namanya juga band indie, kan bebas," tutur musisi Rhessa saat berbincang di Pisa Kafe, Menteng, Jakarta Pusat, Senin

Rhessa yang tergabung dalam Endah n Rhessa merupakan bagian dari musik indie Indonesia. Nama mereka pun sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta musik indie. Meskipun berasal dari musik indie, mereka tidak ragu berkolaborasi dengan para musisi mainstream.

Bagi mereka, musik indie pun tidak kalah dengan musik-musik yang mendominasi, bahkan mereka bisa lebih go international. "Menurut kita, itu suatu langkah yang breakthrough, maksudnya yang tadinya enggak bisa keluar karena kebebasan, sekarang mereka bisa sendiri. Mereka bisa membantu musik Indonesia juga, bahkan bisa go international," ungkap Rhessa.

"Sebenarnya asalkan mereka sadar market bahwa musik seperti kami atau musik indie tidak bisa booming tiba-tiba. Mereka akan selalu dicari, mereka punya market dan segmen sendiri. Itu yang harus di-maintain sama musisinya atau sama manajemennya untuk bisa berkembang lagi,"

Related

opini 7694619494534985817

Post a Comment

Join Us

Twitter

Facebook

Popular Posts

item