ABOUT STRAIGHT EDGE

Adalah cabang filosofis dari pergerakan punk, sebuah reaksi dari hedonisme dan penghancuran diri sendiri yang menjadi karakteristik punk itu sendiri.

Filosofi mendasarnya berpusat pada isu Sef-Control. Straight adalah counter culture yang secara aktif mencegah penggunaan narkoba,penggunaan alkohol dan seks bebas.Straight Edge adalah Lifestyle yang berpusat pada pengembangan diri menjadi lebih baik, dimana sambil meningkatkan kesenangan dan kebersamaan.

Straight edge tidak hanya tentang masuk ke musik kontemporer punk dan melawan drugs, tapi masuk lebih kedalam itu. Pergerakan ini berkeinginan menjauhkan masyarakat dari kebiasaan memakai Drugs (baik legal or ilegal). Straight Edge tidak dogmatis,tidak ada peraturan keras, tapi kamu yg menentukan, semua orang ga boleh mendikte seperti polisi, atau ingin mencapai ideologi yang di inginkan seperti agama dan pemerintah.

Pergerakan ini dimulai oleo band hardcore punk di awl taun 80-an, Minor Threat dengan vokalisnya Ian Mackaye menulis lag berjudul Out Of Step dimana berisi peraturan simple. "don't drink, don't smoke, don't fuck, but at least i can fucking thing". dimana berarti, lo ga ngedrugs, lo ga ngerokok, lo ga seksbebas,lo ga minum2, tap lo masih bisa ngelakuin semuanya, lo ga nerd. lo something. itu yang mau disampein.

lalu dilanjutkan dengan lagu straight edge, dimana pergerakan ini mempunyai nama, lirik

I'm a person just like you
But I've got better things to do
Than sit around and fuck my head
Hang out with the living dead
Snort white shit up my nose
Pass out at the shows
I don't even think about speed
That's something I just don't need

I've got the straight edge

I'm a person just like you
But I've got better things to do
Than sit around and smoke dope
'Cause I know I can cope
Laugh at the thought of eating ludes
Laugh at the thought of sniffing glue
Always gonna keep in touch
Never want to use a crutch

I've got the straight edge

12 tahun setelah minor threat bubar, kepercayaan simple ini telah bertransformasi menjadi poin utama pemikiran banyak remaja seluruh dunia. Pria dan wanita mengadopsi doktrin Straight Edge sebagai cetak biru, untuk memperbaiki diri mereka dulu, lalu dunia dimana mereka tinggal. Walaupun pada awalnya straight edge hanya mencakupi pemikiran mengenai memperbaiki diri sendiri dan tidak melakukan seks bebas, pengintepretasian modern mulai mencakup, Vegan.vegetarian, diet, dan naik menuju kepedulian lingkungan dan isu politik.

Ian mackaye dan lyle preslar personel dari minor threat, tidak pernah mengharapkan straight edge sebagai pergerakan. Di salah satu wawancara, Ian mackaye tidak pernah bilang

Ian:" Like Straight Edge, people have taken it to an extreme...as far
as i'm concerned all we did was put out an idea... if people wanna
hear it as preaching if that's what they want. Straight edge to me
is someone who is alert enough to benefit from what he or she is
doing..."

tapi mau bagaimana juga, straight edge telah menemukan filosofisnya sendiri tanpa harus terus mengikuti apa kata ian mackaye.
Sederhana, tidak merokok,tidak minum, tidak memakai drugs,tidak melakukan seks bebas, dan kau juga tidak memaksa orang melakukan hal yang sama sepertimu. dan pengintrepetasi orang beda-beda. ada yang lo menjadi straight edge untuk diri sendiri, ada yang untuk lingkungan, dan ada yang karena ikut-ikut.

bagi gw, straight edge sendiri sudah lebih dari untuk diri sendiri, gw mengambil sisi baik dari straight edge, gw menggunakan itu untuk memberi semangat orang-orang tanpa harus memaksa mereka untuk tahu straight edge or menjadikan mereka straight edge.

2. Apa sih Tanda "X" ?

di taun 80-an dimana gigs2 dilakukan di bar, banyak anak muda yang tidak bisa menonton karena ditakutkan dapat meminum bir, melakukan transaksi narkoba, dll. maka dibuatlah peraturan oleh pemilik bar, bahwa anak dibawah umur tersebut memakai tanda X agar tidak diperbolehkan membeli alkohol. Tapi belakangan Tanda "X" menjadi tanda yang dipakai semua straight edge people, dengan menaruh di tangan, baju dan lain-lainya.


Related

Music News 374506587201284463

Post a Comment

Join Us

Twitter

Facebook

Popular Posts

item